Wednesday 11 August 2010

Sedikit Catatan Penghantar Tidur

ini tentang hidup seorang anak manusia yang selalu mencoba memahami semua hal yang pernah dialaminya, dirasakannya, dan diterimanya.

adalah benar adanya jika dia beranggapan bahwa hidup seorang manusia pada dasarnya telah 'dikotakkan' oleh aturan-aturan, norma-norma, kebudayaan-kebudayaan, apapun lainnya yang terdeferensiasi dari orang-orang sebelumnya.
bahwa kenyataannya tidak akan ada kebebasan sejati dalam sebuah kehidupan.

tidak akan habis pertanyaan-pertanyaan tentang tuhan, semesta dan isinya melainkan dibalas dengan pertanyaan. karena dia sungguh memahami bahwa jawaban dari semua pertanyaan yang tak terjawab hanyalah iman.
apakah tuhan ada, apakah ada kehidupan setelah kematian, dan apakah-apakah lainnya yang tidak seorang pun dapat menjamin jawabannya, sesungguhnya hanya akan terjawab oleh apa yang dipercayai seseorang. setidaknya untuk dirinya sendiri.

menurutnya kenikmatan yang sejati adalah ketika kita menyadari, merasakan, meresapi, menghayati, betapa luarbiasanya kesempatan hidup yang telah tuhan berikan untuk kita.

bahwa kita tidak dapat merasakan hidup tanpa menyadari bahwa nantinya harus mati. namun sama mustahilnya bagi kita untuk menyadari bahwa kita harus mati tanpa memikirkan betapa menakjubkannya hidup (jostein gaarder)

23.57 wib 8 november 2009.
tepat 9 hari mengenang wafatnya Letkol H. Mohammad Ani.

No comments:

Post a Comment